Angka 12 benar-benar menjadi angka keramat bagi saya di bulan ini (bulan Maret -red). Betapa tidak dalam satu hari itu dua cobaan menghantam sekaligus, bahkan menjadi pukulan yang besar bagi perusahaan tempat saya bekerja. Namun menjadi tantangan besar bagi saya untuk menyelesaikannya.
Dua cobaan tersebut berupa kegagalan sistem dalam memproses File Kirim untuk kepentingan Laporan ke Bank Indonesia. Kegagalan dengan resiko denda materi yang tidak sedikit itu menghantam ulu hati dan menyesakkan pikiran karena saya harus beradu cepat dengan waktu yang mengharuskan laporan tersebut harus terkirim hari itu, Jika tidak, konsekuensinya perusahaan atau lebih tepatnya kantor cabang yang bersangkutan harus membayar denda keterlambatan kepada Bank Indonesia.
Meski kepala ini sempat pusing selama 3 jam lebih memikirkan masalah penyebab kegagalan, namun Alhamdulillah ketika masuk jam istirahat makan siang masalah sudah berhasil ditemukan.
Sedikit lega hati ini, masalah yang tersisa tinggal membenarkan data-data yang salah tapi tidak mengapa, yang penting masalah sudah ketemu. Akhirnya saya gunakan ilmu telaten tur kelakon saya update data satu per satu meski banyak tabel yang harus saya update tapi tidak apa-apa.
Kesabaran memang membawa hasil, masuk waktu sholat Ashar masalah telah benar-benar selesai, aplikasi telah berhasil membentu file kirim dan berhasil melakukan laporan ke web site Bank Indonesia dan telah diterima dengan baik oleh server Bank Indonesia. Amiin Masalah no.1 telah selesai.
Namun, ketika masuk waktu sholat Maghrib mendadak ada telepon dari Cabang di Jawa tengah menyampaikan bahwa masalah serupa dialami oleh mereka.
Alamak!!!, padahal ini sudah malam dan sudah hampir waktunya pulang, ya sudahlah dengan sabar dan penuh pengorbanan saya ikhlaskan hati untuk membantu cabang yang bersangkutan.
Setelah melakukan korespondensi masalah dengan Korban, ditemukan bahwa masalah yang dialami sama dengan salah satu cabang di Jawa Timur yang saya tangani tadi siang, yaitu sama-sama gagal dalam membentuk file kirim namun dengan penyebab masalah yang berbeda.
Untuk mempersingkat waktu karena sudah malam, saya putuskan untuk mengambil jalan pintas (meski ini melanggar hukum) tapi saya lakukan dengan sengaja dan penuh tanggung jawab untuk meng-update database, agar menjadi bisa dijalankan di aplikasi.
Sekali lagi, ilmu telaten tur kelakon terpakasa harus di keluarkan untuk memecahkan masalah ini, cukup 15 menit akhirnya database telah terupdate, namun untuk lebih mempercepat proses penyelesaian masalah, database tersebut saya running di aplikasi serupa yang ada di komputer saya.
Alhamdulillah, aplikasi telah mampu membentuk file kirim dengan baik dan benar. Setelah mendapat konfirmasi kebenaran dari cabang yang bersangkutan, segera saya email file Kirim tersebut ke cabang agar dapat segera di lakukan pengiriman laporan melalui Website Bank Indonesia.
Alhamdulillah, proses pengiriman via Website berhasil dengan baik, dan mendapat konfirmasi dengan baik pula.
Akhirnya masalah selesai dan saya harus pulang, bukan karena sudah malam tapi karena banyak kawan-kawan "HALUS" yang terus menggoda saya, mungkin mereka penasaran, mungkin mereka senang ada teman, atau mungkin mereka terganggu karena ada pengganggu di waktu mereka beredar, entahlah ....andai saja ada acara Uji Nyali pada saat itu mungkin saya sudah melambai ke kamera. hihihihiiihiiihiii......
Masalah selesai , aku harus pulang. satu yang pasti, saya telah menyelamatkan kantor ini dari denda materi yang cukup besar, kalau dinilai dengan benda mungkin bisa dapat 2 sepeda motor bebek Jepang. Saya tidak minta imbalan, tapi saya minta kepada perusahaan untuk lebih memperhatikan kesejahteraan kami, sekarang atau tidak sama sekali.
Gracias !!!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar